Rabu, 07 April 2010

AFC Cup 2010


2 Becamex v Sriwijaya FC 1
Tetap dipuncak

BINH DUONG – Kekalahan 1-2 atas tuan rumah, Becamex Binh duong FC kemarin tetap memposisikan Sriwijaya Fc di puncak klasemen grup F di AFC Cup 2010. keunggulan tuan rumah dengan skor 1-2. Gol Becamex dicetak oleh Anh Duc menit ke-40 dan Chau Phong Hoa menit ke-83. Gol balasan Sriwijaya dicetak lewat sundulan Charis Yulianto menit ke-48.
Sriwijaya FC tetap memimpin di grup F dengan nilai 7 sedangkan Becamex menguntit di posisi kedua dengan nilai sama 7 poin hanya beda selisih gol 7-2 dan 5-2. Di partai lainnya Selangor FA berhasil mengalahkan tamunya Victory SC dengan skor telak 5-0.
"Ya persaingan grup F semakin ketat. Ambisi untuk merebut juara masih terbuka bagi Sriwijaya. Kami tinggal memaksimalkan dua partai sisa dan itu harus kami sikat semua. Tidak ada cara lain Sriwijaya harus juara grup untuk memastikan tuan rumah di babak 16 besar nanti," ujar Rahmad Darmawan kepada wartawan usai pertandingan kemarin (6/4).
Pada pertandingan kemarin, Sriwijaya FC langsung mendapatkan tekanan dari kubu tuan rumah. Pelatih Becamex, Mai Duc Chung langsung memasang dua striker di depan yakni Kesley Alves, Anh Duc untuk menggedor lini pertahanan Sriwijaya. Pada menit ke-3, kiper Ferry Rotinsulu mendapatkan tekanan. Beruntung kiper nomor 12 ini mampu mematahkan tendangan Alves. Begitu juga pada menit ke-5, tendangan keras Anh Duc nyaris membobol gawang Ferry. Beruntung dengan sigap Ferry mampu mematahkan tedangan Anh Duc.
Memasuki babak kedua, Sriwijaya langsung mengambil inisiatif serangan. Pelanggaran atas Zah Rahan di luar kotak penalti pada menit ke-47 membuahkan tendangan bebas bagi Sriwijaya. Tendangan bebas langsung diambil oleh Oktavianus dan dimanfaatkan oleh Charis Yulianto lewat sundulan pada menit ke-48 mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Hasil ini membuat permainan tim menjadi imbang. Namun serangan banyak mengalir dari Becamex karena Sriwijaya mulai menerapkan compact defense untuk menjaga hasil seri ini. Banyak sekali peluang Becamex terjadi. Ya, pada menit ke-57, Vu Phong nyaris saja mengubah skor setelah lolos dari kawalan pemain belakang Sriwijaya.
Beruntung tendangan keras nomor 6 ini mampu diblok Ferry. Begitu juga tendangan first time Albes di depan gawang bisa digagalkan Ferry. Meski demikian Sriwijaya juga mendapatkan peluang. dengan hanya mengandalkan serangan balik yang cepat, kerja sama Keith Kayamba dan Zah Rahan kerap merepotkan barisan pertahanan Becamex namun selalu gagal pada penyelesaian akhir.
Melihat kondisi ini, Rahmad Darmawan mulai merotasi permainan. Obiora, Nasuha, dan Worabay masuk menggantikan Oktavinus, Isnan Ali, dan Kayamba. Satu peluang emas didapat dari Sriwijaya lewat Obiora. pada menit ke-81. Sayang mantan pemain PSDS Deli Serdang ini masih melebar ke sisi kiri gawang Becamex. Akhirnya skor 2-1 ini tidak berubah hingga wasit SGT Win Cho meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.
"Saya tidak menyangka Becamex menerapkan permainan yang berbeda saat bermain di Palembang karena mereka menumpuk pemain di tengah. Beruntung penampilan Ferry sangat gemilang tercatat mampu menyelamatkan 5 peluang Becamex. Selain itu dua gol Becamex semuanya berawal dari tendangan sudut yang sangat sulit untuk diantisipasi oleh Ferry," lanjut Rahmad Darmawan.
Hal senada dilontarkan Ferry. "Gol pertama sangat sulit diantisipasi karena meluncur sangat cepat. Sedangkan gol kedua Becamex, pemain belakang Sriwijaya lambat menutup pemain Becamex setelah terjadi bola rebound dari tendangan pojok," timpal Ferry Rotinsulu.
Sementara itu pelatih Becamex, Mai Duc Chung sangat puas atas hasil ini. Menurutnya permainan Sriwijaya sangat kokoh dan sulit ditembus karena banyak peluang yang kami dapatkan. Meski demikian target menang kami lawan Sriwijaya sudah terlaksana dengan baik tinggal mengharapkan dua partai sisa dan kami harus menang," ungkap Mai Duc chung.
"Sekali lagi kami sangat beruntung bisa menang. Tanpa kehadiran Osita di lini belakang membuat pertahananan kami sangat lemah. Beruntung para bek lokal mampu bermain dengan baik dan tenang," pungkas Chung. (31)
Sementara itu menejer Sriwijaya FC, Hendri Zainuddin mencoba untuk mengingatkan pada Laskar Wong kito untuk melupakan kekalahan tersebut. Sriwijaya FC menargetkan menang di kandang Persela.
"Kami terus mengejar posisi papan atas karena beberapa waktu lalu, Persib Bandung kalah di kandang Persela. Jadi selisih poin tinggal dua angka saja. Jika Kami menang maka kami bisa menggeser Persib selanjutnya terus bersaing dengan tim-tim lain di papan atas ISL," timpal Hendri Zainuddin. (JPNN/31)

Klasemen Sementara Grup F
1. Sriwijaya FC 4 2 1 1 8-3 7
2. Becamex 4 2 1 1 5-2 7
3. Selangor FA 4 1 1 2 7-8 4
4. Victory SC 4 1 1 2 2-9 4

Tidak ada komentar: